Notice: Undefined variable: ub in /home/dkcbreb/public_html/wp-content/plugins/advanced-page-visit-counter/public/class-advanced-page-visit-counter-public.php on line 148

Notice: Undefined variable: ub in /home/dkcbreb/public_html/wp-content/plugins/advanced-page-visit-counter/public/class-advanced-page-visit-counter-public.php on line 160

Deprecated: strripos(): Non-string needles will be interpreted as strings in the future. Use an explicit chr() call to preserve the current behavior in /home/dkcbreb/public_html/wp-content/plugins/advanced-page-visit-counter/public/class-advanced-page-visit-counter-public.php on line 160
Ada apa dengan tanggal 21 April, bagi Pramuka Grinting – DKC BREBES

Ada apa dengan tanggal 21 April, bagi Pramuka Grinting

21 April, bagi bangsa Indonesia merupakan tanggal yang menorehkan tinta emas sejarah  bangsa, karena ditanggal tersebut telah lahir sosok perempuan yang menginspirasi kaum wanita hingga saat ini. Dan tanggal 21 April, juga merupakan tanggal yang luar biasa pula bagi insan Pramuka di Desa Grinting, desa yang terletak di dekat Pantura ini. Karena ditanggal tersebut telah didirikan sebuah wadah pembinaan bagi generasi muda yang berkarakter, yang diharapkan menjadi garda terdepan bagi perubahan bangsa, khususnya di Desa Grinting.

Perjuangan yang begitu alot dan panjang dari Kak Arum Budi Raharjo, Kak Risdiyanto, Kak Tarwid (Almarhum), dan Kak Cipto Wardoyo, akhirnya tepat di tanggal 21 April 1999, Gudep Teritorial yang berpangkalan di Desa Grinting, Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes resmi berdiri dan diakui melalui Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan oleh Kak Jayusman (Ketua Kwartir Ranting Bulakamba saat itu).21 April, bagi bangsa Indonesia merupakan tanggal yang menorehkan tinta emas sejarah  bangsa, karena ditanggal tersebut telah lahir sosok perempuan yang menginspirasi kaum wanita hingga saat ini. Dan tanggal 21 April, juga merupakan tanggal yang luar biasa pula bagi insan Pramuka di Desa Grinting, desa yang terletak di dekat Pantura ini. Karena ditanggal tersebut telah didirikan sebuah wadah pembinaan bagi generasi muda yang berkarakter, yang diharapkan menjadi garda terdepan bagi perubahan bangsa, khususnya di Desa Grinting.

Perjuangan yang begitu alot dan panjang dari Kak Arum Budi Raharjo, Kak Risdiyanto, Kak Tarwid (Almarhum), dan Kak Cipto Wardoyo, akhirnya tepat di tanggal 21 April 1999, Gudep Teritorial yang berpangkalan di Desa Grinting, Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes resmi berdiri dan diakui melalui Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan oleh Kak Jayusman (Ketua Kwartir Ranting Bulakamba saat itu).

Kak Arum Budi Raharjo, salah satu pelaku sejarah lahirnya Gudep Teritorial Grinting

Berdirinya Gudep Teritorial Grinting yang memiliki nomor 14.177 untuk Gudep putra, dan 14.178 untuk Gudep putri memang tidak terlepas dari organisasi kepemudaan Keluarga Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Grinting (KPPMG), Karena dari sinilah cikal Gudep Teritorial berawal.

Gudep Teritorial Grinting merupakan salah satu Gudep yang berada di desa yang sampai sekarang masih aktif melaksanakan berbagai macam kegiatan. Setiap bulannya pengurus maupun anggota senantiasa menjalankan kegiatan-kegiatan sesuai amanah Musyawarah Gugus Depan (Mugus).

Kak Endi Widodo, adalah sosok yang sekarang memegang kendali Gudep Teritorial Grinting. Ia terpilih menjadi ketua Gudep pada Mugus ke-8 yang dilaksanakan tahun lalu (2019) di Balai Desa Grinting.

Saat ini, Gudep Teritorial Grinting telah berusia 21 tahun. Usia yang sudah matang untuk sebuah organisasi. Semoga Gudep Teritorial Grinting terus dapat menjadi kawah candradimuka bagi Desa Grinting khususnya, dan bagi bangsa Indonesia pada umumnya.

Selamat Hari Ulang Tahun ke-21 Gudep Teritorial 14.177-14.178 Desa Grinting. Satu Kata Satu Hati Pramuka Bulakamba. Jayalah Panduku, Jayalah Indonesiaku.